Blog

5 Cara Meningkatkan Penjualan di Sosial Media

Banyak juga ya diantara kalian yang ingin tau cara meningkatkan penjualan di sosial media bisnis kalian. Hmmm mari kita bahas..
Peranan sosial media dalam bisnis kini sudah semakin menunjukan performa yang menggagumkan. Banyak pengusaha yang mempromosikan dan memperkenalkan usahanya di sosial media. Tapi banyak juga orang yang kesulitan untuk meningkatkan penjualan di sosial media dan banyak juga yang tidak tahu kalau meningkatkan penjualan di sosial media mana pun itu membutuhkan strategi yang tepat dan sedikit kesabaran untuk membangun pasar.
Nahh sebebum kita mengharapkan cuan dari toko online kita di sosial media, ada beberapa cara yang harus kalian ketahui. Ini dia 5 cara meningkatkan penjualan di sosial media :

1. Riset Produk

Seperti yang kita tau banyak sekali produk-produk yang di jual di sosial media, dan banyak juga yang tidak laku di pasaran karena menjual produk yang tidak lagi banyak peminatnya. Pastikan produk yang kalian jual di sosial media itu adalah produk yang banyak peminatnya. Buat kalian yang tanya, bagaimana cara riset produk? Kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk Instagram atau kalian juga bisa lihat di trend Marketplace.

2. Membangun Platform

Membangun platform untuk usaha kita sangat penting juga loh. Apasih platform? Buat kalian yang belum tau apa itu platform aku akan jelaskan secara singkat tentang apa itu platform. Jadi platform adalah rencana kerja atau program kerja, yang nantinya akan menjadi dasar berjalannya sebuah sistema. Ini juga bisa menjadi salah satu dari usaha kita untuk membuktikan ke konsumen kalau kita serius dalam menjalankan usaha online ini dan tidak hanya itu, dengan adanya platform kita juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kita.

3. Menentukan Target pasar

Seperti yang kalian tau jika tidak semua produk yang di jual mempunyai target pasar yang sama. Maka dari itu kita juga harus menganalisis terlebih dahulu target pasar seperti apa yang cocok dengan produk yang akan kita pasarkan. Seperti, berapa usía rata-rata target pasar? Apa profesinya? Apa yang mereka gemari? Dan apa yang mereka sukai?. Dari situlah kita bisa menentukan akan mempromosikan produk kita ke target pasar yang seperti apa.

4. Promote with Creativity

Persaingan di dunia perdagangan sangatlah ketat, agar produk kita di lirik dengan banyak orang kita juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk mempromosikan produk kita, agar berbeda dengan yang lain.
Nah, bagaimana cara mempromosikan produk kita agar berbeda? Yang pertama kalian harus membuat konten yang menarik dan mudah di cerna. Seperti, tips, games, berita, meme, dan lain-lain. Kenapa harus seperti itu? Karena sosial media adalah tempat untuk mencari hiburan, maka konten yang orang-orang suka adalah konten yang “nggak jualan”. Fungsi utama sosial media adalah menarik perhatian konsumen, untuk masalah selling biarkan menjadi tugas Marketplace atau website.

5. Delivery and Service

Jika kalian sudah mendapatkan konsumen, sekarang tugas kalian yaitu bagaimana menjadikan konsumen loyal? Konsumen akan kembali membeli produk kita jika pelayanan dan kualitas barang kita baik. Jadi, peluang paling besar konsumen membeli produk kita adalah konsumen yang sudah pernah menggunakan produk kita dan mereka puas atas value yang di terima. Maka dari itu kalian wajib memberikan produk dengan layanan terbaik.

Nah sejauh ini gimana? Kalian sudah bisa paham apa yang harus kalian lakuin kan untuk meningkatkan penjualan di sosial media bisnis kalian. Semua akan membuahkan hasil yang maksimal jika kalian menjalankan 5 cara di atas dengan sabar dan konsisten seperti apa yang tadi di jelaskan di atas.
Atau jika kalian rasa ribet atau kalian mau yang instan tinggal nunggu hasil saja kalian bisa menggunakan jasa kami sebagai specialists digital marketing loh, kalian bisa cek di website kita SIODEKLIK.COM.

Related Posts