Blog

Mempelajari Marketing Campaign

marketing campaign

Dari sekian banyak orang yang mempunyai bisnis, masih banyak juga yang belum tau seperti apa itu marketing campaign. Jadi marketing campaign itu biasa di gunakan oleh banyak pebisinis untuk mempromosikan bisnisnya dan menyambut event tertentu.

Pasti anda tau banget dengan slogan satu ini “Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari..” atau “Orang pintar, minum Tolak Angin”  dan bahkan slogan itu sangat melekat di otak kita. Dan secara tidak langsung anda juga tertarik untuk membeli produk tersebut karena slogan mereka.

Terbukti setelah mereka melakukan marketing campaign itu produk mereka seketika booming di semua kalangan termasuk kalangan para remaja yang sering kali memparodikan slogan mereka. Menarik sekali bukan? Masa iya anda tidak mau mengikuti jejak mereka untuk mendongkrak bisnis anda?

Okee buat anda yang penasaran tentang marketing campaign, pas banget karena aku disini akan membahas marketing campaign secara keseluruhan. Yuk bahas bareng!

Apa itu Marketing Campaign?

Marketing campaign adalah suatu strategi pemasaran yang di gunakan untuk mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis untuk mendapat feedback dari konsumen atau brand awarrness.

Strategi pemasaran ini biasnya di gunakan untuk menyambut event tertentu seperti, promo hari raya, event akhir tahun, dan sebagainya. Biasanya marketing campaign ini di jalankan melalui berbagai media. Misalnya, baliho, televisi, radio, koran, email, hingga sosial media.

Manfaat Marketing Campaign

Jika anda menggunakan strategi marketing ini anda akan mendapatkan manfaat yang bisa meninggkatkan penjualan anda. Gimana anda masi ragu menggunakan strategi ini? Aku akan jelaskan beberapa manfaat dari marketing campaign. Mungkin, setelah anda tau manfaatnya anda akan berubah pikiran untuk mencoba menggunakan strategi promosi yang satu ini untuk mempromosikan bisnis anda.

  1. Brand lebih popular

Siapa sih yang gak mau kalo produknya menjadi popular? Pasti semua pebisnis ingin produknya bisa menjadi popular. Karena dengan kepopularan itu produk bisa terjual keras.

Banyak sekali brand yang awalnya tidak terkenal tapi setelah membuat marketing campaign dan tayang di televisi, koran, baliho, web, maupun sosial media semua kalangan mengenal band tersebut.

Jadi bisa di simpulkan bahwa marketing campaign untuk meningkatkan brand awareness dan membuat bisnis anda popular. Apalagi kalau marketing campaign anti-mainstream dan mempunyai slogan yang menarik dan melekat di otak para pendengar. Dijamin produk anda bisa booming dengan waktu yang singkat.

2. Mendapatkan lebih banyak lead

Jika produk anda di kenal banyak orang maka anda juga akan mendapatkan banyak lead. Buat anda yang belum paham apa itu lead tenang aku akan jelaskan. Lead adalah orang-orang yang tertarik dan berpotensi besar akan membeli produk anda kedepannya.

Kenapa bisa? Karena pada umumnya mereka akan tertarik memberikan kontaknya agar tidak ketinggalan berita dan promo terkait brand anda. Intinya dengan banyaknya lead yang anda dapatkan semakin banyak juga potensi orang yang akan membeli produk atau brand anda.

3. Meningkatkan penjualan

Nah, efek yang dari banyaknya lead yang anda dapatkan adalah meningkatnya penjualan anda. Yaa, profit penjualan anda juga akan menggunung. Itu kan cita-cita dari semua pebisnis yaitu mendapatkan hasil penjualan yang baik. Dan marketing campaign juga bisa membantu anda meraih cita-cita anda dengan cepat.

marketing campaign

Cara Merencanakan Kampanye Pemasaran

Pasti anda bingung gimana merencanakan marketing campaign. Aku bakalan jelasin ke anda langkah-langkah apa saja yang harus anda lakukan saat merencanakan marketing campaign.

  1. Tentukan tujuan anda!

Sebelum anda memulai marketing campaign anda harus harus tau terlebih dahulu “untuk apa campaign ini? Apakah campaign ini akan mendukung tujuan dan target bisnis anda?” Karena dengan adanya tujuan ini akan memudahkan langkah anda kedepannya.

Ada beberapa tujuan untuk marketing campaign. Jika anda bingung menentukan tujuan dari campaign anda, mungkin beberapa contoh di bawah ini bisa membantu anda menentukan tujuan untuk campaign anda.

  • Mempromosikan produk atau jasa baru
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendapatkan feedback dari konsumen
  • Meningkatkan pendapatan
  • Mengumpulkan User Generated Content
  • Meningatkan engagement
  • Mengiklankan event yang akan datang

Nah, setelah anda sudah tau tujuan dari marketing campign, anda harus mengubah tujuan anda lebih specific lagi. Untuk lebih gampang anda bisa mengguanakan strategi SMART.

Apa itu SMART? SMART singkatan dari Specific, Measureble, Attainable, Relevant, and Timely. Yang artinya, (S) lebih spesifik, (M) bisa diukur, (A) bisa dicapai, (R) relevan, dan (T) dengan jangka waktu.

Memang tidaklah mudah membuat tujuan menggunakan strategi SMART. Tapi strategi ini dapat membuat tujuan anda lebih tertata dengan rapih dan berjalan dengan baik.

2. Tentukan Target Audiens

Menentukan siapa target audiens untuk menyampaikan pesan yang akan di sampaikan oleh campaign itu adalah salah satu hal yang penting untuk campaign bisnis anda. Kan gak pas juga kalau anda bertujuan mendapatkan followers Instagram, tapi target audiensnya malah pengguna linkedInd.

Setelah anda menentukan target audience anda juga harus riset mendalam seperti, konten seperti apa yang mereka sukai, apa hal yang menarik untuk mereka, dan apa masalah yang dapat di atasi oleh brand anda.

Semakin anda memahami target audience, semakin besar kemungkinan marketing campaign anda sukses. Karena marketing campaign akan tepat sasaran dan tersampaikan dengan audience yang tepat.

3. Membuat Konsep Marketing Canpaign

Jika ingin marketing campaign anda sukses, jangan sembarangan untuk membuat konsep. Anda harus ingat dengan tujuan awal anda membuat campaign itu sendiri. Untuk memikirkan konsep anda memerlukan tim dan siap berkerjasama dengan tim untuk menjalankan campaign.

Membuat marketing campaign ini memang membutuhkan waktu yang sangat lama, karena anda membuatnya dari nol. Jadi, kita anda tidak berpengalaman di bidang ini anda juga bisa menggunkann jasa pihak ketiga, seperti agensi, atau freelancer di beberapa bagian. Misalnya, pada bagian desain dan konten jika anda tidak berpengalaman di bidang ini anda juga bisa menggunakan jasa kami SIODEKLIK.COM.

4. Menggiring Konsumen untuk Melakukan Sesuatu

Tujuan membuat campaign adalah untuk di lihat banyak orang, tetapi rugi jika banyak orang melihat tapi tidak ada orang yang melakukan apa yang anda inginkan. Misalnya, postingan campaign produk anda mendapatkan banyak views dan banyak like, tapi tidak banyak yang membeli produk anda. Pasti rugi dong kita membuat campaign.

Untuk menghindari hal seperti itu, anda juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Calls-To-Action

CTA ini bisa di bilang meminta secara langsung kepada konsumen untuk melakukan sesuatu. Biasanya CTA ini berbentuk tulisan atau teks dengan nada mengajak. Misalnya, “Cosult Now”, “Hubungi Kami!” atau “Order Now”.

Nah, anda jika wajib membuat CTA yang menarik di marketing campaign, agar CTA menarik anda juga harus menuliskan manfaat yang akan di dapatkan oleh konsumen jika dia mengikuti campaign yang anda adakan. Seperti, “Post foto anda saat menggunakan produk kami semenarik mungkin dengan hashtag “#barangkeren”. Foto yang paling menarik akan mendapatkan voucher 200k di orderan selanjutnya.”

Jika konsumen mendapatkan manfaat yang menarik otomatis konsumen juga akan tertarik untuk mengikuti campaign tersebut.

Jadi, pastikan CTA anda menarik hati konsumen yang melihatnya.

  • Landing Page

Anda juga bisa menggunakan landing page untuk menggiring konsumen untuk melakukan sesuatu. Karena, secara umum landing page adalah halaman yang di desain khusus untuk strategi pemasaran.

Di marketing campaign anda juga bisa mancantumkan landing page. Dengan landing page anda bisa memberi informasi dan manfaat terkait produk anda dan jika menggunakan landing page campaign anda mempunyai wadah untuk konsumen kunjungi.

  • Lead Form

Yang belum tau apa itu lead form, pada umumnya lead form bertujuan untuk mengumpulkan data pengunjung. Dengan mengisi  form ini pengunjung itu akan menjadi lead dan akan menjadi calon konsumen yang pada akhirnya akan membeli produk anda di kemudian hari.

Harus anda tau dan anda ingat, tidak semua marketing cocok menggunakan lead form, tapi lead form ini cocok jika marketing campaign anda pre-Order atau menggiring konsumen untuk mendownload sesuatu.

5. Mengukur Hasil Marketing Campaign

Penting untuk mengukur hasil dari marketing campaign. Supaya kita tau apa yang harus kita perbaiki dan apa yang harus kita pertahankan. Mengukur hasil dari campaign sendiri bisa di lihat dari jumblah like, jumlah share, atau jumlah subscription. Itu semua tergantung apa tujuan campaign anda.

Berikut adalah contoh metrik untuk mengukur marketing campaign anda:

  • Mempromosikan produk atau jasa baru : jumlah pre-order, pembelian, atau CTR
  • Meningkatkan brand awareness: jumlah followers di media sosial, jumlah trafik website sebulannya, jumlah diliput oleh situs berita,
  • Mendapatkan feedback dari konsumen: jumlah mention di media sosial, jumlah partisipan survey, jumlah review konsumen
  • Meningkatkan pendapatan: jumlah conversion rate, leads, penjualan
  • Mengumpulkan User Generated Content: jumlah followers, jumlah partisipan di media sosial
  • Mengingatkan engagement: jumlah komentar di di blog, jumlah share artikel, share media sosial, jumlah like video, jumlah interaksi lewat private message di media sosial
  • Mengiklankan event yang akan datang: jumlah booking, tiket terjual, mention media sosial, ulasan di situs berita.

Jadi jika anda ingin menjalankan campaign di berbagai tempat sekaligus, cara mengukur hasilnya juga berbeda cara kerjaanya.

Merencanakan marketing campaign memanglah tidak mudah, tapi jika anda bisa meluangkan waktu, anda bisa mempunyai kesempatan emas untuk mendongkrak bisnis anda untuk lebih bisa bersaing dengan kompetitor. Anda juga bisa tampil beda dari banyaknya kompetitor yang semakin hari semakin menjamur.

Untuk pemula mungkin anda masih bingung dengan strategi marketing ini, tapi jangan bingung anda bisa menggunakan jasa kami untuk membantu anda menggunakan strategi marketing campaign ini kami juga bisa bantu digital marketing untuk bisnis anda dan anda juga bisa konsultasi kepada kami mengenai digital marketing di SIODEKLIK.COM.  

Related Posts