Blog

7 Tips Dasar Belajar Fotografi Untuk Pemula

7 Tips Dasar Belajar Fotografi Untuk Pemula

1. Ambil Gambar Dengan Format RAW

Sebagian besar kamera digital memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dalam format JPG. Hal tersebut memang praktis bagi para pengguna awam karena format tersebut mudah untuk di transfer ke berbagai perangkat dan mudah untuk diunggah ke internet.

Namun jika Anda berniat menggeluti dunia fotografis dengan serius, Anda harus belajar mengambil gambar dengan format RAW. Pasalnya, dengan format tersebut anda dapat mengatur gambar seperti tingkat pecahayaan, ketajaman gambar, dan lain lain.

2. Jangan Sering Menggunakan Lampu Flash

Banyak orang yang sering menggunakan lampu flash ketika mengambil gambar, padahal salah satu dasar fotografi adalah sebisa mungkin tidak menggunakan lampu flash. Sebisa mungkin carilah sumber cahaya alami yang ada disekitar. Jika masih gelap, Anda bisa maikan pengaturan apperture, shutter dan ISO.

3. Gunakan Lensa Yang Berbeda

Meskipun lensa kamera bawaan (lensa kit) semakin bagus kualitasnya, Anda harus tetap mencoba berbagai jenis lensa yang ada di pasar. Ada banyak sekali jenis lensa di luar sana dan sebagaian besar merupakan lensa yang dirancang khusus untuk kegiatan tertentu.

Misalnya lensa makro untuk fotografi objek kecil, atau lensa telephoto untuk memotret objek yang jaraknya jauh. Bereksperimen dengan lensa akan mempertajam insting fotografi Anda.

4. Selalu Bersihkan Sensor dan Lensa Anda

Sensor dan lensa merupakan salah satu bagian kamera yang paling sensitif. Jika terdapat debu di sensor atau lensa, otomatis, otomatis hasil jepretan Anda tidak akan maksimal. Membersihkan sensor secara berkala adalah solusinya. Sebaiknya gunakan juga alat pembersih sensor khusus untuk membersihkan sensor dan lensa Anda.

5. Ganti Tali Kamera Anda

Ketika membeli kamera, biasanya Anda juga akan mendapatkan tali kamera dalam paket penjualannya. Menurut para fotografer profesional, tali kamera tersebut tidak nyaman digunakan, apalagi ketika anda menggunakan lensa besar dan berat. Membeli tali kamera khusus akan membantu anda semakin nyaman ketika mengambil gambar.

6. Mulailah Bereksperimen Dengan Post Processing

Post-processing adalah pengolahan setelah gambar diambil atau singkatnya mengedit gambar. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan post-processing mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Lightroom dan Google NIK Collection. Cobalah untuk bereksperimen dengan software tersebut agar foto Anda menjadi lebih bagus.

7. Ganti Kamera Anda di Saat Yang Tepat

Ada banyak sekali jenis kamera dari berbagai merek. Sama seperti ponsel, kamera pun memiliki “kasta” dari tipe pemula hingga tipe profesional. Tentunya semakin menuju profesional,bharga kameranya semakin mahal.

Jika Anda benar-benar ingin menekuni fotografi, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan kamera saku (pocket camera), kamera ponsel, atau DSLR kelas pemula. Cobalah untuk untuk menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorless yang lebih tinggi kelasnya. Harganya memang agak mahal, namun fiturnya lebih lengkap dan lebih cocok untuk belajar.

Sumber : Medcom.id